Beberapa Tanaman Herbal Berkhasiat

 

Pernahkah kamu mendengar istilah  healty99.com tumbuhan herbal? Apa itu sebenarnya ? Sebutan tersebut pada dasarnya merujuk untuk beberapa jenis tanaman atau tumbuhan yang mempunyai manfaat untuk mengatasi sekaligus menyembuhkan beragam penyakit. Yang termasuk kedalam tanaman herbal dapat mencakup mulai dari buah, rempah-rempah, daun, biji dan bunga tari tanaman tersebut.

Untuk kamu yang pasti sudah mengetahui beragam jenis tanaman herbal, tentu sedikit banyak sudah tahu akan khasiatnya. Contohnya rimpang jahe, temulawak, kunyit, kumis kucing dan lainnya. Tapi, mungkin tidak semua tanaman obat kamu ketahui dan mungkin masih ada yang terasa asing di telinga kamu.

Padalah tanaman tersebut ada disekitar kita dan mempunyai banyak khasiat, sangat disayangkan jika kamu melewatkan hal tersebut. Nah untuk itu dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa tanaman herbal dan manfaatnya bagi tubuh :

1. Tanaman Meniran

Meniran merupakan tanaman semak biasa ditemui di lapangan maupun pinggir jalan. Keberadaannya seringkali diabaikan karena kerap dianggap tanaman liar, padahal sebenarnya tanaman obat ini memiliki banyak manfaat.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan meniran merupakan herbal yang sudah terbukti membantu penyembuhan saat flu. Sebab, kandungannya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Tanaman patah tulang

Selain bermanfaat, tanaman yang memiliki bentuk menarik ini tak jarang dijadikan sebagai tanaman hias bagi sebagian orang.

Seperti namanya, daun patah tulang bermanfaat untuk mengobati patah tulang dan berbagai penyakit lainnya. Mulai dari sakit gigi, penyakit kulit, juga cedera ringan.

Tapi, kamu perlu berhati-hati saat hendak menggunakan tanaman ini sebagai obat. Sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli kesehatan. Getah tanaman ini berbahaya jika mengenai mata karena berpotensi menyebabkan kebutaan permanen.

3. Daun Cincau

Daun cincau hitam (Mesona palustris) yang menghasilkan bahan makanan bertekstur seperti gel atau agar-agar berwarna hitam untuk hidangan pencuci mulut. Tanaman dengan nama lain janggelan ini bisa menghambat kanker fibrosarkoma.

Penelitian dilakukan dengan menyuntikkan larutan benzo[a]pyrene 0,3 persen pada tikus sebanyak lima kali dalam 2 hari untuk memicu kanker. Ekstrak air cincau hitam terbukti bisa mengurangi kejadian kanker pada tikus sebesar 57 persen.

4. Jahe
Tanaman obat jahe pasti sudah tidak asing lagi di telingamu karena sangat populer sebagai obat tradisional. Jahe berkhasiat untuk menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin, mengatasi masuk angin, mual dan gangguan pencernaan, hingga menyembuhkan batuk karena rasanya yang sedikit pedas dan panas.

Bagi para perempuan, tanaman obat jahe juga ampuh untuk meredakan nyeri saat datang bulan. Tak hanya itu, jahe juga dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada usus besar. Beberapa hidangan khas Indonesia pun banyak yang menggunakan ramuan jahe.

5. Lidah Buaya

Selain untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan, tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengoati berbagai penyakit seperti serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan dan sembelit.

6. Daun Saga

Diketahui ada dua jenis tanaman saga, yaitu saga rambat dan pohon saga, tapi kebanyakan orang menyebut keduanya dengan nama Saga saja.

Saga termasuk tanaman gulma. Karena dianggap mengganggu, tanaman Saga sering dibabat habis bahkan dibakar sekalian.

Meskipun begitu, daun saga rambat biasa dimanfaatkan sebagai obat batuk dan obat anti sariawan.
Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman herbal yang bisa kita temukan.

healty99.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *